Ungkap Sejarah Cetik

Standar
Dosen Program Studi Seni Tari FKIP Universitas Lampung (Unila) Hasyimkan

Dosen Program Studi Seni Tari FKIP Universitas Lampung (Unila) Hasyimkan

PRODI Seni Tari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila mengungkap sejarah asal alat musik cetik. Yaitu melalui seminar dan konser musik Lampung di aula K fakultas setempat kemarin (5/6).

Hasyimkan, pemateri dalam seminar ini, memaparkan, alat musik tradisional tersebut berasal dari Lampung Barat. Itu pun namanya bukan cetik, melainkan gamolan. ’’Alat musik ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-4 Masehi. Kemudian puncak perkembangannya pada abad ke-5 Masehi,’’ terangnya.

Kala itu, lanjut dosen Prodi Seni Tari FKIP Unila ini, di Lampung sendiri telah ada Kerajaan Kedali yang bercorak Tiongkok dan beragama Budha. ’’Gamolan berasal dari kata begamol yang dalam bahasa  Lampungnya begumul  atau bahasa Melayunya berkumpul,’’ jelasnya.

Dikatakan pula, kali pertama gamolan diciptakan hanya satu buah nada. Bukan seperti saat ini yang terdiri banyak nada.

Alat musik terbuat dari kayu atau bambu ini, imbuhnya, sebagai alat komunikasi bagi penduduk setempat. Seperti untuk memanggil atau mengumpulkan penduduk sebagai pertanda ada pengumuman, bahaya, atau keadaan darurat.

’’Nah, karena fungsinya tadi sebagai bunyi untuk mengumpulkan penduduk, maka masyarakat pun menamainya dengan istilah begamol yang berarti berkumpul. Kemudian berganti lagi menjadi gamolan atau di Lampung saat ini lebih dikenal dengan cetik,’’

Sementara, Ketua Panitia Nabila Kurnia Adzan mengatakan, kegiatan yang diikuti 50 mahasiswa prodi seni tari angkatan 2008 dan 2009 merupakan agenda setiap akhir semester. ’’Ini dalam rangka ujian akhir semester prodi seni tari,’’ ungkapnya. (hyt/c3/rim)

Sumber: Radar Lampung. Senin, 06 Juni 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s