MUSIK TRADISIONAL : Gubernur Kenalkan ‘Gamolan’ – Angklung

Standar
Gubernur Lampung

Gubernur Lampung

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. meminta kolaborasi alat musik gamolan dan angklung diperkenalkan kepada generasi muda.

Menurut Sjachroedin, gamolan dari Lampung dan angklung dari Jawa merupakan alat musik tradisional dari bambu dan memiliki suara yang unik jika dikolaborasikan.

Untuk itu, kolaborasi dua alat musik ini harus diperkenalkan secara terus-menerus kepada generasi muda agar mereka tertarik dan ikut melestarikannya.

“Jadi, jangan hanya bisa main band saja. Kita kolaborasikan gamolan, angklung, dan band. Lebih menarik pastinya,” kata Gubernur usai menyaksikan pertunjukan Muhibah Budaya Nusantara dan Penyerahan Alat Musik Angklung di GOR Saburai, Selasa (22-11).

Untuk memperkenalkan dan mengajak generasi muda pada dua alat musik tradisional ini, Pemprov membagikan seribu angklung kepada sekolah yang tersebar di Bandar Lampung, Lampung Selatan, dan Pringsewu. Khusus di Pringsewu, angklung yang dibagikan akan dimainkan pada pelantikan bupati-wakil bupati Pringsewu terpilih Sujadi Saddat-Handitya Narapati kemarin.

Selain itu, menurut Gubernur, panitia tengah menyiapkan penampilan gamolan terbanyak dan terlama agar dapat mencatat rekor Muri dan bisa lebih dikenal masyarakat.

Pemprov juga akan mengupayakan hak paten untuk alat musik tradisional gamolan sehingga keberadaannya dapat diakui dan tidak direbut negara lain.

“Kami akan mengupayakan untuk mengusulkan hak paten untuk alat musik tradisional khas masyarakat Lampung ini kepada Pemerintah Pusat,” kata Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Berlian Tihang, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, upaya tersebut dilakukan agar alat musik tradisional masyarakat Lampung itu dapat diakui masyarakat luas. “Pertunjukan alat musik gamolan juga harus sering ditampilkan sehingga masyarakat luas dapat mengetahuinya, baik nasional maupun internasional,” kata dia. (LIN/K-2)

Sumber: Lampung Post. Kamis, 24 November 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s