‘Gamolan’ Bisa Diakses lewat Dunia Maya

Standar
'Gamolan' Bisa Diakses lewat Dunia Maya

'Gamolan' Bisa Diakses lewat Dunia Maya

BANDAR LAMPUNG : Keinginan memperkenalkan gamolan, musik khas Lampung, ke dunia internasional bukan cuma angan-angan. Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Bandar Lampung membuat media blog dengan alamat gamolan.wordpress.com.

Anggota MPAL Bandar Lampung, Fajar Ramadhan Muchtar, Senin (26-12), mengatakan masyarakat Lampung nantinya
bisa mengakses semua informasi seputar gamolan dalam media blog ini. “Masih banyak orang yang belum tahu Lampung memiliki alat musik gamolan,” kata Fajar.

Menurut dia, pelajar dan guru-guru sekolah bisa mengakses informasi tentang gamolan untuk menambah pengetahuan di sekolah. Pengenalan alat musik dari bambu ini di sekolah sangat penting agar generasi muda tahu dan bisa memainkan gamolan.

“Website gamolan.wordpress.com sudah dapat diakses untuk mendapatkan semua infromasi seputar gamolan

Dia menjelaskan selama ini masih ada penyebutan yang salah di masyarakat tentang gamolan. Masih ada sebagian yang menyebut dengan nama cetik dan gamolan pering atau gamolan bambu. Padahal, nama cetik adalah alat musik yang dipetik seperti di daerah Sulawesi. “Cetik juga menjadi istilah dalam tarian Lampung antara muda mudi dan menggunakan rotan. Rotan yang dipukul ke penari ini menghasilkan bunyi ‘tik’, dan kemudian disebutlah dengan nama cetik,” ujarnya. Fajar menambahkan masyarakat Lampung juga tidak perlumenyebut dengan nama gamolan pering untuk membedakan dengan gamelan dari Pulau Jawa yang dibuat dari perunggu. Lampung sudah punya nama sendiri
yang disebut gamolan.

Dosen Jurusan Seni Tari FKIP Unila Hasyimkan menjelaskan dalam tulisan yang dibuat Margaret J. Kartomi dalam bukunya Musical Instrument of Indonesia sudah menyebutkan bahwaalat musik Lampung bernama gamolan.

Sumber: LampungPost, 28 Desember 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s