’Gamolan’ Masuk dalam Desain Batik Lampung

Standar
Gamolan Tahun 1933

Gamolan Tahun 1933

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Alat musik gamolan akan didesain agar menjadi salah satu gambar dalam batik Lampung. Saat ini desain batik dalam proses pengerjaan.

Anggota Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Fajar Ramadhan Muchtar, Minggu (8-1), mengatakan saat ini batik Lampung hanya didominasi gambar siger, gajah, atau tapis kapal. Dengan hadirnya gamolan menjadi desain baru bagi model batik.

Menurut dia, gamolan menjadi gambar dalam baju batik ini sebagai bentuk untuk lebih mengenalkan alat musik Lampung yang terbuat dari bambu. Selama ini orang hanya mendengar nama gamolan dan belum melihat bentuknya.

Adanya gamolan dalam batik membuat masyarakat tahu seperti apa bentuk alat musik kuno ini. Dia berharap batik gambar gamolan segara selesai dan bisa dipakai para PNS dan masyarakat umum.

“Wisatawan pun bisa membeli batik dengan gambar gamolan agar alat musik ini juga dikenal warga di luar Lampung,” kata dia.

Fajar mengatakan beberapa pihak akan bertemu untuk membahas persiapan pendaftaran hak kekayaan intelektual (HAKI) gamolan. Rencanaya pendaftaran HAKI melalui Lembaga Penelitian Unila.

Sebelumnya, pendaftaran HAKI ditargetkan pada akhir Desember. Namun, mundur karena ada libur panjang. Selain mendapat HAKI, gamolan juga akan didaftarkan ke UNESCO agar diakui dunia sebagai salah satu warisan budaya.

Sumber: Lampost, 10 Januari 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s