KREASI : Batik ‘Gamolan’ Diperbanyak

Standar
Gamolan Tahun 1933

Gamolan Tahun 1933

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ingin membeli batik bergambar gamolan? Tunggu pada Maret 2012. “Batik ini diperbanyak oleh Gabovira,” kata anggota Mejelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Fajar Ramadhan Muchtar, Selasa (10-1).

Ia mengatakan rumah produksi batik Gabovira di Kemiling dipercaya memperbayak batik berhiaskan gambar alat musik gamolan. Akan dibuat sebanyak 200 lembar batik dan diperdagangkan kepada masyarakat.

Dia berharap pemerintah membuat kebijakan agar para aparaturnya mengenakan batik yang memuat gambar gamolan. Selama ini batik PNS di Lampung hanya memuat gambar siger, tapis, dan gajah.

“Gamolan akan menjadi desain baru yang masuk dalam batik. Selama ini batik aparatur hanya dihiasi gambar-gambar lama,” kata dia.

Desain batik diserahkan Fajar bersama beberapa rekannya: Hasyimkan, Kemal Sjahdinata, dan Suryo Dwiyono. Suryo yang membuat desain batik gamolan.

Menurutnya, batik gamolan juga perlu diperkenalkan kepada wisatawan daerah lain yang berkunjung ke Lampung. Dengan memberi batik gamolan, orang dari luar Lampung akan makin mengenal alat musik dari bambu yang merupakan asli khas Lampung ini.

Fajar menambahkan segera membuat kolaborasi musik modern dengan gamolan. Penyanyi Iwa K. akan membawakan lagu dengan iringan musik gamolan.

“Sudah ada pembicaraan awal dengan Iwa K. Dia berminat untuk membuat kolaborasi dengan musik etnis. Gamolan menjadi salah satu alat musik kuno yang akan coba dipadukan dengan musik modern,” kata dia. (MG2)

Sumber, Lampung Post. 13 Januari 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s